12 Aktivitas Mahasiswa yang Berfaedah Ketika Liburan

0
67
Aktivitas Mahasiswa Berfaedah Ketika Liburan

Liburan telah tiba, seneng dong pastinya lepas sejenak dari hiruk pikuk perkuliahan. Eits, bagi mahasiswa tua masih ada skripsi yaa. 😀 Aktivitas mahasiswa yang semula padat merayap berubah menjadi jalan tol yang bebas hambatan.

Seringkali dengan liburan panjang, mahasiswa terlena dengan empuknya kasur, guling, dan renyahnya konten media sosial. Mager? bangun siang? ga mandi pagi? #Ups , itu hal wajar kok terlebih di awal masa liburan yakan? :p

Kamu terpikir ga buat mengisi aktivitasmu dengan aktivitas berfaedah? Pasti iyakan? Tapi mikirnya pasti gini “ah entaran aja, toh masih ada waktu bulan depan” 😀 Gapapa dehh, tapi kamu udah harus tau yah mau ngapain aja. Kalo belum tau sama sekali mau ngapain, MudaPedia ada beberapa aktivitas mahasiswa berfaedah buatmu loh biar dirimu lebih siap menghadapi dunia kerja kedepan 😀

Penasaran? simak ulasan selengkapnya berikut ini ya sob,

12 Aktivitas Mahasiswa Ketika Liburan Ala MudaPedia :

1. Menikmati Waktu Bersama Keluarga dan Pasangan

Pulang ke rumah untuk berkumpul keluarga menjadi hal yang paling didambakan. Hangatnya suasana rumah, tak tergantikan oleh apapun. Senyumannya, gelak tawa, pelukan mereka akan meluruhkan rasa lelah dan hati yang gundah gulana.

Pastikan yaa kalo di rumah, nikmati masa berkumpul dan berbincang dengan keluarga. Bagi yang udah punya pasangan, lebih di tingkatkan lagi intensitas komunikasinya. Kasih sayang mereka memanglah tak tergantikan.

2. Baca Sumber Pengetahuan Baru

Minat baca masyarakat Indonesia masih tertinggal dari negara lain dan dapat dikatakan rendah loh. Padahal bejibun sumber pengetahuan yang kita miliki. Mulai dari buku, majalah, jurnal dan sebagainya.

Alangkah lebih baik aktivitas mahasiswa yang sedang gabut di isi dengan membaca. Baca artikel inspirasional di MudaPedia misalnya. 😀 atau cari pengetahuan di e-library RI atau jelajah pengetahuan di ensiklopedia. Wawasan luas itu penting loh sob, seru buat disharingin sama temen/pacar/kolega :p

3. Belajar Materi Semester Depan

Kalo sobat muda udah ambil SKS nih, bisa banget dilihat mata kuliah yang di ambil itu. Selanjutnya dikepoin tuh nama makulnya di internet. Kenapa sih kok gitu? Setidaknya kita taukan, apa yang akan kita pelajari semester depan. Tidak hanya itu, kita jadi lebih siap dalam pengaplikasiannya & dapat nilai lebih ketika tes jika kita lebih awal paham sebelum dosen menyampaikan dalam kelas.



4. Mengasah Skill Non Akademik

Kalo pas kuliah, belajarnya tentang akademik mulu. Bosen ga sih? Pasti bosenlah ya, kita kadang butuh sesuatu yang baru yakan

Dengan mengasah skill baru, sobat muda bisa mendapat suatu hal yang tak terduga loh. Misal belajar musik, dampaknya hati lebih seneng karena bisa mengiringi lagu favorit sendiri. Atau belajar bahasa inggris juga bisa dipraktekan kalo semisal ada bule kemari bisa dijadikan relasi yang menguntungkan.

5. Jalan-Jalan dan Menjelajah Tempat Baru

Kuliah itu kadang selow, kadang juga bikin penat pikiran, benerkan? 😀 Ketika liburan tiba, waktunya bagi sobat muda untuk merefresh pikiran biar lebih tokcer lagi menatap kehidupan. Tau ga sob, kalo travelling itu bisa juga menambah wawasan dan meningkatkan kebahagiaan pada diri loh. Kuylahh buruan agendain mau kemana :p

6. Mengikuti Seminar & Workshop

Selain belajar secara otodidak, ada satu jalan yang bikin dirimu lebih paham sama konteks studi. Yakkk, betuls sekali. Namanya belajar di seminar/workshop, kenapa? sobat muda akan lebih mudah mengetahui arah konteks dari ahlinya. Bahkan dipandu agar lebih cepat menguasainya dibanding otodidak yang perlu waktu (agak) lama.

Umumnya kita kalo pengen bisa banget, ingat kata bangetnya perlu jam terbang selama 10.000 jam. Nahloh, udah berapa jam kita belajar sesuai bidang kita nih? 😀 Makanya dengan ikut seminar/workshop, kita bisa lebih memangkas waktu untuk jadi mahir.

7. Berolahraga secara Teratur

Liburan itu riskan loh sob. iya riskan. Taukan riskan kenapa? Haha 😀 Seringkali konsumsi makanan berlebih tapi tidak di imbangi oleh intensitas olahraga yang baik. Dampaknya? Melar tu perut & pipi chubby dong ^^

Makanya kita perlu perbaiki agenda olahraga kita yang kececer selama kuliah itu. Setidaknya sehari sekali atau seminggu 3x ya sob. Biar tubuh bugar, pikiran jernih dan jiwa positif selalu 🙂



8. Membuat Karya Berdampak

Liburan itu bisa digunakan sebagai aktivitas mahasiswa yang membawa dampak positif bagi masyarakat. Seperti yang diketahui, ada tuh tiga landasan perguruan tinggi diantaranya pengabdian masyarakat. mengabdi kepada masyarakat dapat dilakukan dengan cara yang beragam. Aksi sosial atau membuat inovasi bagi daerah terpencil sehingga dapat hidup layak 🙂 Dengan begitu ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat secara langsung sob.

9. Magang/ Internship di Perusahaan

Beberapa universitas, aktivitas mahasiswa yang satu ini sudah menjadi kewajiban. Tapi ada juga loh yang ga di minta untuk menimba ilmu di perusahaan orang. Pasti kepengen jugak kan yaa? 🙂

Proses magang emang jadi hal yang unik sih. Kita diminta untuk belajar secara langsung pada industri. Ada yang kerja prakteknya selaras sama jurusan, ada juga ga sesuai ilmu yang dipelajari. Nahloh, inilah dinamika industri yang sangat dinamis sob. Dengan magang ini, kita jadi tau kan gimana dunia kerja itu hehe

10. Mengikuti Komunitas sesuai Hobi

Semakin dewasa, kita memiliki tujuan dan kesukaan spesifik. Misal para pencinta momen akan bergegas bergabung dengan komunitas fotografi. Dalam komunitas, sobat muda akan mendapat beragam benefit seperti relasi, ilmu, pengalaman berkegiatan, bahkan peluang lainnya.

Daripada liburan cuma scrolling media sosial doang, mending ketemu orang yang memiliki minat sama. Selain bikin seneng, sobat muda juga dapat manfaat yang udah kita paparin diatas. Semangat berkomunitas 🙂



11. Menjadi Freelancer/Kerja Paruh Waktu

Waktu liburan juga bisa digunakan untuk cari sambilan loh sob. Kalo kamu jago desain, bisa banget daftar di situs online jasa ataupun bantuin temenmu yang butuh desain tuh. Jadi freelancer emang bukan perkara mudah, selain harus mahir ilmu dan skill. Kamu juga perlu paham siklus kerjanya.

Begitupula kerja paruh waktu, kalo dapet shift pagi sampe sorean itu mantap. Tapi kalo dapet shift malam harus jaga diri juga ya. Kesehatan mahal harganya terlebih harus laju pulang pergi dan kena angin malam.

Dengan pernah kerja sebagai freelancer/part-timer itu juga kita akan paham industri tersebut 🙂

12. Menambah Portofolio Penunjang Kerja Kedepan

Portofolio bagi mahasiswa yang ambil bidang tertentu itu sangat perlu (pake banget). Misalnya arsitektur (bikin sketch unik), desainer (bikin logo kece), dan masih banyak lagi. Liburan ini cocok deh ya dibikin waktu khusus untuk nambah portofoliomu.

Aktivitas mahasiswa yang ini tu jarang dilakuin karena emang pada ga begitu ngeh aja. Padahal ini jadi salah satu syarat perekrutan pegawai loh. Sans sob, dengan adanya poin penjelasan ini, harapannya sobat muda jadi lebih aware ya buat lanjutkan bikin portofolionya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan kita tentang aktivitas mahasiswa yang berfaedah ketika liburan. Semua tergantung pada sobat muda mau memilih mana ataupun dilakukan semuapun fine” aja kok. Ada baiknya lihat diri dulu, mau kemana dan mau meningkatkan apa ketika masa liburan ini.

Semoga masa liburanmu lebih berfaedah ya sob. Kalo kamu ada masukan tentang topik ini bisa berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah ini. Happy Holiday ~



Leave a Reply