4 Tips Ampuh Evaluasi Pengeluaran Bulananmu

0
134
Cek Ricek Evaluasi Keuangan Bulananmu

Ketika beranjak dewasa, kamu dituntut untuk memiliki tanggungjawab dengan keadaan finansial apalagi bagi kamu yang sudah bekerja. Jangan sampai penghasilanmu selama satu bulan habis hanya untuk kebutuhan konsumtif saja. Kamu harus bisa membuat pos-pos keuangan sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini akan melatihmu untuk tertib dan tidak memiliki sifat konsumtif.

Tertib dalam merencanakan keuangan akan memudahkanmu dalam segala hal. Tanpa mengevaluasinya dan melakukan perbaikan, keuanganmu pasti akan sangat terganggu dan bahkan uang yang seharusnya cukup menjadi kurang. Oleh karena itu mulailah belajar tentang cara evaluasi keuangan bulanan.

Tips Evaluasi Keuangan Bulanan Yang Sederhana dan Aplikatif

Berikut ini adalah tips untuk mengevaluasi keuangan setiap bulannya:

1. Mengecek keseimbangan income dan outcome setiap bulan

Buatlah catatan secara rinci tentang pendapatan dan pengeluaran apa saja dalam satu bulan. Daftarlah semua pengeluaranmu setiap hari dengan tertib agar dapat dengan mudah dihitung nantinya. Tentu saja pengeluaran yang dilakukan sudah menggunakan anggaran sesuai dengan pos masing-masing. Jadi sebelumnya kamu harus bisa membuat anggaran berapa saja yang harus di keluarkan.

Di akhir bulan, kamu dapat menghitung total pengeluaran yang dilakukan dan mengurangkannya dengan pendapatan atau lebih tepatnya anggaran konsumsimu. Bila jumlahnya melebihi apa yang sudah ditentukan, berarti keseimbangan finasialmu terganggu. Rubahlah lagi dan buang pengeluaran yang tidak penting untuk dijadikan referensi di bulan depan.

2. Membuat anggaran untuk tabungan

Menabung adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Karena tabungan dapat digunakan sebagai dana dadakan saat sesuatu terjadi secara mendadak di luar anggaran yang sudah ditetapkan. Misalnya saja saat sakit, membeli perabotan rumah, memperbaiki kendaraan atau rumah dan lain sebagainya.

Jadi buatlah anggaran tabungan untuk setiap bulannya agar uangmu tidak habis untuk bidang konsumsi saja. Bila tidak dianggarkan dari awal dan hanya mengandalkan sisanya di akhir bulan, kamu tidak akan berhasil menabung. Itu karena sifat dasar manusia yang selalu ingin ini dan itu sehingga membuat uang yang sudah dianggarkan untuk konsumsi selalu dirasa kurang.

Baca Juga: Panduan Memilih Bank bagi Generasi Milenial



3. Membuat pos tersendiri untuk membayar hutang

Bila kamu memiliki tanggungan hutang, kamu harus dengan tegas menyisakan sejumlah uang angsuran seperti yang telah disepakati. Siapkan dana tersebut di awal bulan dan jangan menunggu sisa uang di akhir bulan. Jangan pula menunda pembayaran atau terlambat membayar yang akan menyebabkan kamu membayar dengan nominal yang lebih besar lagi. Sebab, biasanya denda yang dikenakan akan dihitung setiap harinya dan membuat pengeluaranmu semakin besar.

4. Cek keberadaan dana darurat

Sediakan juga dana darurat di dalam pos keuanganmu. Dana ini berfungsi sebagai dana cadangan bila pos keuangan untuk kebutuhan sehari-hari kurang. Kadangkala akan ada pengeluaran yang terjadi di luar anggaran dan memerlukan dana ekstra. Buatlah perencanaan pengadaan dana darurat ini untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Jumlah dana darurat ini minimal harus ada dalam jumlah satu kali pendapatanmu. Jadi bila sesuatu yang tidak terduga terjadi, misalnya saat kamu terkena PHK, kamu tidak akan merasa stress dan harus berhutang untuk bertahan hidup sebulan ke depan. Kita tidak akan tahu kapan datangnya moment darurat tersebut. Jadi lebih baik kita mempersiapkannya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Buatlah semua point di atas untuk dijadikan bahan evaluasi keuanganmu selama satu bulan. Lakukanlah dengan tertib dan berkala karena kebiasaan ini akan terbawa sehingga membuat efek yang baik dalam keseimbangan finansialmu. Selamat melakukan evaluasi keuangan bulananmu dengan tips di atas ya.

Jika kamu memiliki masukan dan pertanyaan terkait topik ini dapat berkomentar di bawah ini ya. Semoga Bermanfaat ~



Leave a Reply