12 Keterampilan Kerja yang Perlu Dikuasai oleh Fresh Graduate

0
173
Keterampilan Kerja dan skill Bagi Milenial




Keterampilan kerja itu Koentji bagi setiap fresh graduate. Kamu harus memenuhi standar dengan meningkatkan keterampilan diri. Skill ini akan sangat berguna ketika kamu akan atau sudah direkrut, lalu bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Zaman sekarang perusahaan maupun instansi menetapkan standar yang semakin tinggi untuk meningkatkan skala bisnisnya. Jika tidak dibersamai oleh kualitas SDM yang mumpuni, maka celakalah bisnis tersebut. Maka dari itu, pak Jokowi fokus pada pengembangan SDM RI di tahun kedua ini untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut.

Lalu, apa saja sih keterampilan kerja yang perlu dikuasai?

1.Pandai Mengatur Waktu

Keterampilan dimiliki sebelum masuk kerja yang pertama adalah kepandaian dalam mengatur waktu. Waktu adalah sesuatu yang krusial dan tidak dapat diputar ulang.

Dalam dunia kerja, kamu akan dituntut untuk bekerja secara cepat dan tepat. Mulailah belajar dari hal kecil dulu, yaitu dengan disiplin bangun pagi untuk melatih diri sendiri dalam menghargai waktu.

2. Bisa Mengatur Keuangan

Kamu memang belum tentu melamar pada bagian keuangan, tapi dalam suatu kantor pasti ada pembahasan tentang anggaran. Bila tidak bisa mengatur keuangan, maka kamu tidak dapat memperkirakan berapa besarnya anggaran yang harus dikeluarkan.

Hal ini sangatlah penting, skill penyusunan anggaran akan menentukan efisiensi biaya yang diperlukan pada setiap project yang sedang dilakukan kedepan.

3. Bekerja dalam Tim

Bekerja dengan baik dalam sebuah tim merupakan salah satu skill yang perlu dimiliki sebelum masuk kerja. Di sekolah maupun kampus, pasti kamu sudah terbiasa untuk bekerja kelompok untuk menyelesaikan tugas.

Hal ini sangat berguna untuk melatih peran kamu dalam tim tersebut, apakah dapat berkontribusi atau tidak. Sebab setelah bekerja, kamu akan banyak menemui kerja secara tim.



4. Kompromi

Jika kamu sudah mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam kerja tim, maka selanjutnya keterampilan kerja karyawan yang dibutuhkan nantinya adalah kompromi. Sikap ini sangat berpengaruh dalam mencapai kesepakatan dalam kerja tim. Perbedaan pendapat pasti selalu ada, tinggal bagaimana komprominya agar mencapai suatu mufakat.

5. Work Plan yang Presisi

Perencanaan merupakan keterampilan dimiliki sebelum masuk kerja yang juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih karyawannya

Langkah seperti apa saja yang harus kamu lakukan agar pekerjaan selesai tepat waktu, itu juga bagian dari perencanaan masa depan. Jika kamu hanya bekerja mengalir saja tanpa ada rencana, maka posisi kamu tak akan berubah.

6. Kepemimpinan

Pemimpin yang baik adalah seseorang yang mampu mengarahkan dan bersama-sama mengejar tujuan yang ingin dicapai. Sifat yang bijaksana, adil, dewasa, dan berani adalah jawaban untuk keterampilan yang dimiliki dari seorang pemimpin.

Meskipun  bukan berarti kamu akan langsung menjadi pemimpin saat pertama kali bekerja. Namun bila kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut, maka bisa saja suatu saat kamu diangkat menjadi pemimpin.

7. Memperhatikan Setiap Detail Pekerjaan

Sifat yang detail juga diperlukan sebagai keterampilan dimiliki sebelum kerja. Bila sejak masih sekolah kamu memiliki sikap yang teliti dan detail, pasti nantinya tak akan ada pekerjaan yang terlewatkan.

Beberapa orang mungkin tidak begitu menganggapnya penting. Tapi suatu pekerjaan bisa berakibat fatal karena keteledoran kecil, yaitu kurang detail. Jika hal seperti ini terjadi, kamu pun bisa mengalami kerugian.



8. Mampu Memecahkan Masalah

Kemampuan dalam memecahkan masalah juga menjadi contoh keterampilan pribadi seseorang. Kamu harus melatihnya sejak sebelum bekerja. Dalam kehidupan, kamu pun pasti pernah mengalami suatu masalah.

Pikirkan bagaimana pemecahan yang tepat agar segera terselesaikan. Tidak ada bedanya dengan dunia kerja, justru nanti kamu akan menemui masalah yang lebih kompleks. Sehingga kemampuan pemecahan masalah akan diuji.

9. Berani Mengemukakan Pendapat

Salah satu keterampilan yang dimiliki untuk menunjang keberhasilan dalam dunia kerja adalah berani mengemukakan pendapat di depan umum. Kamu pasti sudah mendapatkan banyak pengalaman ketika ada tugas presentasi di sekolah maupun kampus.

Berani mengemukakan pendapat berarti kamu ikut aktif terhadap pembahasan yang sedang dibicarakan. Walaupun nantinya pendapat kamu belum tentu disetujui oleh orang lain, tapi hal ini sudah menjadi nilai plus tersendiri.

10. Negosiasi Secara Efektif

Keterampilan dimiliki sebelum kerja yang tak boleh ketinggalan adalah negosiasi. Setelah bekerja, kamu akan terlibat dengan banyak pihak, tak hanya rekan kantor saja. Baik itu dari vendor maupun klien.

Di sinilah nantinya kamu akan membutuhkan negosiasi yang baik dan efektif untuk bisa memperoleh tujuan yang diinginkan. Misalnya saja dalam memperoleh harga yang pas dari vendor.

Kamu harus bisa meyakinkan vendor bahwa mereka tetap akan mendapatkan keuntungan dengan harga yang kamu inginkan.

11. Rasa Empati dan Simpati yang Tinggi

Tak melulu masalah keprofesionalan dalam bekerja saja, tapi kamu juga harus mempunyai sikap empati dan simpati. Kedua sikap tersebut merupakan contoh keterampilan seseorang dalam kepeduliannya terhadap rekan kerja.

Karena bagaimanapun juga kamu dan rekan-rekan kerja adalah satu tim yang harus mendukung satu sama lain. Ketika kamu bisa berempati dan simpati terhadap orang lain, maka orang lain pun akan menghargai kamu.



12. Kemampuan Menulis

Keterampilan terakhir yang dibutuhkan sebelum masuk kerja adalah menulis. Perusahaan bisa melihat seperti apa tulisan kamu dalam surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang dilampirkan.

Penulisan menggunakan bahasa yang tepat dan ejaan yang benar akan membuat kamu terlihat profesional dan siap bekerja. Karena teknik penulisan ini juga akan dibutuhkan dalam penulisan laporan pada dunia kerja.

Kesimpulan

Semua keterampilan dimiliki sebelum masuk kerja tersebut janganlah dianggap sepele. Sebab persaingan kerja jaman sekarang sangatlah sulit. Hanya orang-orang yang berkualitaslah yang akan dipilih. Jadi, tak ada salahnya untuk mengoptimalkan keterampilan diri sendiri sebelum kamu benar-benar terjun dalam dunia kerja.

Jika kalian memiliki pertanyaan dan masukan terhadap topik ini dapat berkomentar di kolom yang telah disediakan ya. Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a Reply