KKN Undip 2019 Dorong Masyarakat Mandiri Kelola Potensi Lokal

0
45
KKN Undip Jepara 2019

Sosialisasi ragam pengolahan ikan

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi ragam pengolahan iklan tongkol kepada ibu-ibu PKK Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Sosialisasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengabdian masyarakat IPTEK bagi Desa Binaan Undip (IDBU) yang mengusung tema “Peningkatan Kemandirian Masyarakat Kelurahan Ujungbatu, Kabupaten Jepara untuk mendukung Kawasan Konservasi Pulau Panjang sebagai Ikon Baru Ekowisata di Jawa Tengah”.

Kegiatan ini adalah salah satu strategi untuk meningkatkan peranserta masyarakat agar dapat berkontribusi dalam pengembangan produk lokal dari kawasan wisata bahari yang terdapat di Pulau Panjang.

Program materi pemberdayaan masyarakat:

  1. Ragam pengolahan ikan tongkol
  2. Stategi Branding UMKM dengan sistem keberlanjutan
  3. Cara pengemasan produk olahan iklan tongkol yang baik dan menarik
  4. Pemasaran produk melalui marketplace dan online shop

Pengolahan ikan tongkol menjadi abon dan nugget

Program pemberdayaan ini dipilih berdasarkan potensi yang dimiliki oleh para anggota PKK. Banyak ibu-ibu sudah menjalankan usahanya sendiri di Kelurahan Ujungbatu yang sebagian besar usahanya adalah pengolahan ikan asin.

Namun seluruh hasil pengolahan ikan asin tersebut hanya dijual langsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Hal ini menyebabkan terbatasnya pasar yang mencakup wilayah di sekitar TPI saja.

Oleh karenanya, kelompok mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro mengadakan program pengolahan ikan menjadi abon dan nugget supaya hasil olahan ikan bisa bertahan lebih lama dan bisa dipasarkan ke wilayah yang lebih luas lagi.

Perlunya materi branding untuk UMKM

Selain itu, materi strategi branding juga diberikan kepada anggota PKK Kelurahan Ujungbatu. Materi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para pemilik UMKM supaya menjaga usahanya tetap berlanjut dan terus berkembang melalui berbagai strategi pemasaran yang mampu memikat konsumen.

Kebermanfaatan dari materi strategi branding ini sangat dirasakan oleh anggota PKK karena peserta sosialisasi pun banyak yang antusias bertanya, khususnya mengenai cara membuat kemasan produk yang kreatif dan disukai pasar.

Selanjutnya, dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa KKN Tematik Universitas Diponegoro juga memberikan penjelasan cara memasarkan produk olahan ikan melalui marketplace termasuk di dalamnya online shop.

Penting bagi para pelaku usaha untuk memahami situasi pasar dan memanfaatkan media-media yang ada, termasuk media online untuk memperluas pasar.

Program sosialisasi ragam pengolahan iklan tongkol ini diharap dapat bermanfaat bagi ibu-ibu PKK Kelurahan Ujungbatu untuk meningkatkan nilai ekonomi pada produk olahan yang dibuat serta dapat memperluas pasar agar lebih mudah dijangkau oleh para konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here