Menanggulangi Abrasi, KKN UNNES Gelar Aksi Tanam 1000 Mangrove

0
73
Penanaman Mangrove Tugurejo - Cover
KKN UNNES Gelar Aksi Tanam 1000 Mangrove
KKN UNNES gelar aksi tanam 1000 mangrove bersama warga setempat

TUGUREJO – Kondisi lingkungan pesisir yang mengalami degradasi disebabkan adanya alih fungsi lahan mangrove menjadi tambak, permukiman, industri, dan pengembangan pariwisata.

Problematika tersebut mendorong tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk melakukan kegiatan konservasi melalui penanaman 1000 bibit pohon Mangrove di Kawasan Pantai Tirang, Kelurahan Tugurejo (24/08).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 30 peserta yang melibatkan mahasiswa tim KKN UIN Walisongo Semarang, masyarakat, dan remaja tapak.

Kondisi Pantai Tirang yang sering mengalami abrasi telah menimbulkan sejumlah permasalahan yang berdampak negatif bagi ekosistem, seperti penggerusan daratan hingga terjadi penyempitan luasan tambak. Kondisi tersebut menyebabkan kualitas air menurun serta membahayakan ikan-ikan yang dibudidayakan dalam tambak.



Upaya rehabilitasi yang dilakukan oleh tim KKN UNNES adalah implementasi atas keprihatinan terhadap ekosistem kawasan pesisir Kelurahan Tugurejo yang bertujuan untuk mencegah abrasi sekaligus upaya edukasi baik kepada masyarakat maupun mahasiswa akan fungsi tanaman Mangrove dalam konservasi  kawasan pesisir pantai.

Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dengan pemberian bibit tanaman Mangrove.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga & memperbaiki ekosistem hutan mangrove guna memperbaiki kondisi pantai yang rawan abrasi tersebut. Harapannya kegiatan ini dapat bekelanjutan dan masyarakat dapat berpartisipasi dalam melesarikan tanaman Mangrove.” tutur Gunadi salim selaku Koordinator Penanaman Mangrove

Leave a Reply