Cara Praktis Mengasah Kreativitas Untuk Meningkatkan Produktivitas

0
213
Mengasah Kreativitas

Kreativitas bukanlah bakat alami dari lahir, melainkan merupakan pola pikir yang bisa kamu asah. Bahkan, kreativitas juga tidak dibatasi oleh jenis kelamin maupun usia. Jadi siapapun kamu dan berapapun usiamu, kamu tetap bisa melatih otakmu untuk berpikir secara kreatif.

Banyak sekali cara mengasah kreativitas yang bisa kamu lakukan. Kamu akan dapat banyak keuntungan jika dapat berpikir cerdas dan kreatif, entah itu di bidang pendidikan, pekerjaan, ataupun bidang lainnya. Contoh di bidang pekerjaan, pegawai kreatif pasti mendapatkan nilai lebih karena dapat memberikan ide dan solusi yang cemerlang.

Mengasah kreatifitas harus diawali dari kebiasaan yang terus menerus. Jadi, kamu harus membiasakan dirimu untuk terus berpikir diluar kebiasaan. Jangan khawatir, cara mengasah kreatifitas di bawah ini sama sekali tidak sulit. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Simak Selengkapnya berikut ya sob,

10 Cara Menjadi Kreatif yang Mudah Dilakukan

1. Mencoba hal baru

Kebanyakan orang merasa takut untuk mencoba hal-hal yang sama sekali belum pernah dilakukannya. Bagi orang kreatif, justru hal-hal baru adalah tantangan untuk ditaklukkan karena akan mendapatkan pengalaman baru. Mencoba hal baru berarti membiarkan otakmu mendapatkan wawasan yang lebih banyak lagi.

2. Mendengarkan atau memainkan musik

Beberapa orang mungkin memang sudah terlahir dengan bakat musikalitas yang tinggi. Namun, tidak ada salahnya kamu juga berkenalan dengan musik sebagai cara meningkatkan kreativitas otak. Pilih alat musik yang paling kamu suka, atau mencoba suatu alat musik yang belum pernah kamu mainkan. Bahkan sekedar mendengarkan musik pun juga bisa merangsang imajinasimu.

3. Merangsang aktifnya otak kanan

Selama ini kamu dan kebanyakan orang mungkin terbiasa berpikir dengan otak kiri. Otak kiri adalah pola pikir yang cenderung mengarah kepada logika, analisis, dan hafalan. Sedangkan, sisi kreativitas dan imajinasi ada di otak kanan. Karenanya, kamu perlu melakukan kegiatan yang dapat merangsang aktifnya otak kanan. Menggambar bisa menjadi salah satu kegiatan untuk merangsang otak kanan karena membutuhkan imajinasi.



4. Bermain games teka-tekiĀ 

Games atau permainan tidak hanya menjadi hiburan melainkan juga bisa mengasah kreativitas kamu. Pilih jenis games yang membutuhkan strategi seperti misalnya catur. Bermain catur akan membuatmu berpikir bagaimana langkah yang tepat untuk bertahan ataupun menyerang lawan. Ini akan membuat otakmu terbiasa untuk mencari solusi dari suatu permasalahan.

5. Melakukan hobi

Hobi juga memberikan peran penting terhadap perkembangan kreatifitasmu. Pada dasarnya, semua hobi bisa mengasah kreatifitas karena bisa dieksplorasi sesuka hati. Misalnya saja jika hobimu adalah menulis. Cobalah untuk berimajinasi terhadap tulisanmu seperti menulis dongeng atau cerita pendek.

6. Berpikir seperti anak kecil

Ingatkah kamu bagaimana ketika kecil? Kamu memiliki banyak mimpi tanpa memikirkan banyak hal. Kamupun bisa meniru bagaimana pola pikir anak kecil yang tidak pernah takut untuk bermimpi. Biarkan otak dan imajinasimu bekerja tanpa batas. Selain itu, kamu pun bisa meniru cara berpikir anak kecil yang memiliki rasa penasaran pada hal baru.

7. Halau rasa takut

Setiap hal memang selalu memiliki resiko. Namun, jika kamu terlalu terpaku pada resiko yang bahkan itu belum terjadi, kamu justru malah tidak akan pernah berani maju dan mencoba. Rasa takut akan segala resiko hanya membuat mimpimu terhenti seketika tanpa pernah berusaha untuk diwujudkan.



8. Mengeksplor segala hal

Cara mengasah kreatifitas kali ini sama halnya dengan mencoba hal-hal yang baru. Mengekspolarasi segala hal bisa memperkaya pengetahuan sekaligus kreatifitasmu. Kamu bisa mencoba surfing untuk pertama kali atau menjelajahi gunung. Semakin banyak mengalami dan merasakan, hal ini akan membuatmu sadar bahwa banyak sekali hal-hal menarik di dunia ini.

9. Travelling ke banyak tempat

Setiap kota akan berbeda dengan kota yang lain baik itu dari segi bahasa, makanan, adat, maupun suasananya. Bepergian ke banyak tempat yang belum pernah kamu kunjungi pasti akan mengajarimu banyak hal.

10. Berinteraksi dengan banyak orang

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Semakin kamu sering berinteraksi dengan banyak orang baru, semakin kamu tahu bahwa dunia ini penuh akan keberagaman. Berinteraksi dengan orang lain akan membuatmu tahu bagaimana penilaian sesuatu berdasarkan sudut pandang orang lain. Pikiranmu pun pasti akan menjadi terbuka terhadap segala hal.

Kesimpulan

Terapkan cara mengasah kreativitas di atas dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu karena kreativitas tidak akan muncul dengan sendirinya, melainkan hasil dari pola pikir yang sudah terbiasa. Jika hal diatas diterapkan secara berkala ketika stuck dan bahkan menjadi kebiasaan niscaya akan meningkatkan produktivitas secara optimal.

Jika kamu memiliki masukan dan pertanyaan terkait topik ini dapat berkomentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat ~



Leave a Reply