10 Jurus Meningkatkan Produktivitas Paska Liburan

0
78
10 Jurus Meningkatkan Produktivitas Paska Liburan

Liburan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk kamu bukan? Banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan, misalnya pergi wisata ke suatu tempat atau sekedar me time melakukan kegiatan yang kamu suka. Dengan liburan, segala penat akan terobati dan pikiran serta fisik menjadi fresh kembali. Tapi seringkali liburan malah akan membuatmu terlena dan menjadi shock ketika kembali ke rutinitas normal.

Pasti gamaukan selepas liburan malah kebablasan magernya? Panduan meningkatkan produktivitas setelah liburan ini pas buatmu nih. Kuy, Simak selengkapnya,

Panduan Meningkatkan Produktivitas Setelah Liburan yang Mudah Dilakukan

1. Mempersiapkan fisik secara optimal

Performa fisik yang prima sangat penting untuk memulai aktivitas setelah liburan. Jika biasanya kebanyakan orang baru beristirahat sehari sebelum kembali ke rutinitas, ada baiknya kamu menyiapkan dua atau tiga hari sebelumnya. Hal ini supaya fisikmu lebih fresh dan prima untuk kembali melakukan aktivitas produktif. Kamu juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging sehari sebelum beraktivitas. Tujuannya ialah supaya badan lebih fit.

2. Mempersiapkan keperluan sedini mungkin

Tentunya kamu ingin hari besok berjalan dengan lancar. Kamu bisa mempersiapkan pakaian serta keperluan lainnya yang akan digunakan untuk besok. Dengan melakukan hal ini, maka tidak akan ada barang yang tertinggal. Jangan lupa untuk menyetrika pakaian yang akan kamu kenakan supaya penampilan rapi.



3. Sarapan dan tidur yang cukup

Tidur terlalu larut malam bukanlah kebiasaan yang baik. Apalagi jika besok adalah hari pertama kamu untuk kembali beraktivitas. Tidurlah yang cukup agar keesokan harinya kamu dapat tampil prima. Jangan lupa juga untuk sarapan sebelum berangkat beraktivitas.

4. Awali rutinitas dengan hal yang santai

Jangan langsung awali rutinitas dengan sesuatu yang berat. Mulailah dengan sesuatu yang menyenangkan untuk meringankan suasana sekaligus melepas rindu dengan teman-teman karena sudah lama tidak saling bertemu. Misalnya, kamu bisa membuka diskusi santai tentang rencana ke depan.

5. Berdoa untuk Keberkahan Kerja

Awal mula bekerja selepas liburan pasti ada rasa seneng dan gundah. Kita tak boleh larut dalam dua hal ini secara berlebihan. Tenangkan hati sebelum berangkat bekerja dengan berdoa. Minta doa juga kepada orang terkasih sehingga apa yang kita lakukan dalam lindunganNya dan berkah.

6. Membuat target yang hendak dicapai

Jika selama liburan kamu bisa mengevaluasi bagaimana hasil kinerjamu, sekarang saatnya kamu kembali produktif dengan membuat target apa saja yang hendak kamu capai. Hal ini sekaligus memotivasi kamu untuk dapat meraih atau bahkan melebihi target. Selain itu juga bisa menjadi dorongan untuk kembali semangat mendapatkan hasil kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Tidak hanya target dalam hal pekerjaan maupun pendidikan, kamu juga bisa merencanakan liburan selanjutnya agar pikiranmu tetap rileks. Penting juga untuk manajemen waktu sehingga target yang ditetapkan dapat dieksekusi dengan baik.

7. Menulis kata motivasi 

Tulis juga sederet kata motivasi untuk menjadikan dirimu lebih semangat lagi dalam melakukan aktivitas. Motivasi bisa kamu ambil dari dirimu sendiri atau orang terdekat, dan bisa juga mengutip kata motivasi dari para tokoh terkenal. Dengan adanya tulisan motivasi, semangatmu dapat semakin tergugah. Ingat kembali resolusi yang telah kamu tuliskan pada akhir tahun lalu.



8. Enjoy dalam beraktivitas

Liburan memang menyenangkan karena bisa bersenang-senang dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Namun, rutinitas lamamu juga tak kalah menyenangkan karena bisa bertemu dengan teman-teman dan mendapatkan penghasilan. Karenanya, kamu harus enjoy dalam beraktivitas.

9. Munculkan rasa rindu

Tidak ada salahnya kamu rindu dengan segala rutinitas lama serta semua teman-temanmu. Rasa rindu akan membuatmu semangat dan tak sabar untuk segera memulai hari pertamamu dalam beraktivitas kembali.

10. Datang lebih awal

Panduan meningkatkan produktivitas setelah liburan lainnya adalah datang lebih awal. Dengan datang lebih awal, kamu akan mendapati tempatmu beraktivitas masih dalam keadaan sepi. Kamu jadi akan lebih mudah untuk kembali menyesuaikan diri dengan suasananya. Rapikan meja atau bersihkan ruangan untuk menciptakan tempat beraktivitas yang menyenangkan. Meja dan lingkungan yang bersih tentu akan membuat pikiranmu fresh dan semangat dalam beraktivitas.

Kesimpulan

Waktu akan terus berputar. Setelah liburan, akan ada saatnya untuk kembali beraktivitas. Setelah lelah beraktivitas, akan ada saatnya kamu kembali bertemu dengan hari libur. Atur suasana hati dan terapkan panduan meningkatkan produktivitas setelah liburan agar dapat kembali beraktivitas dengan wajah ceria!

Jika kamu memiliki masukan dan pertanyaan terkait topik ini dapat berkomentar di bawah ini ya. Semoga Bermanfaat ~



Leave a Reply