Mau Jadi Pegawai Teladan? Terapkan 10 Langkah ini

0
356
Cara Jadi Pegawai Teladan





Banyak keuntungan yang akan kamu dapat jika berhasil menjadi pegawai teladan. Tidak hanya dari segi finansial, namun juga secara sosial. Dari segi finansial, tentu karirmu akan cemerlang dan lebih mudah untuk mendapatkan promosi jabatan. .

Hal ini karena kinerjamu yang dinilai sangat bagus. Sedangkan dari segi sosial, kamu  pasti akan menjadi kesayangan bos dan disegani oleh rekan-rekan kerjamu.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai panduan menjadi pegawai teladan. Yuk simak!

10 Tips Menjadi Pegawai Teladan Yang Didambakan Perusahaan

1. Bekerja Secara Profesional

Hal utama yang harus selalu kamu pegang teguh adalah bekerja secara profesional. Biasakanlah untuk menggunakan jam kerja semaksimal mungkin. Hindari mengobrol hal yang tidak jelas dengan sesama rekan kerja karena akan mengganggu kerjamu. Kamu bahkan harus berani menolak jika ada seseorang yang ingin mengajakmu mengobrol. Fokuslah dengan apa yang harus kamu selesaikan.

2. Gunakan fasilitas dengan bijak

Sebagai pegawai, kamu akan mendapatkan fasilitas di tempat kerja. Gunakanlah fasilitas tersebut sebagaimana mestinya. Contohnya, jangan gunakan internet untuk membuka akun media sosial di jam kerja. Hal ini dapat membuat kamu menjadi tidak fokus pada pekerjaan. Jadi, hindari kebiasaan buruk ini ya sob.



3. Terbuka terhadap saran dan kritikan

Mendapatkan saran dan kritik memang kadang tidak menyenangkan. Padahal, tujuannya sangat bagus karena bisa meningkatkan kinerja kamu semakin handal. Mulai sekarang, kamu tidak boleh tersinggung atau menutup telinga bila atasan memberi kritik dan saran.

4. Bersosial dengan baik

Kamu harus pandai membawa diri di tempat kerja. Jagalah hubungan baik dengan rekan-rekan kerja. Kamu harus selalu menghargai mereka dengan berperilaku sopan dan hormat. Selain itu, kamu pun bisa rajin menyapa dan tersenyum.

Hal tersebut akan membuatmu mudah berkomunikasi atau mengakrabkan dirimu dengan orang yang baru kenal sekalipun. Karenanya, jangan sungkan untuk menebar sapa dan senyum terlebih dahulu. Selain akan mendapat nilai plus dari segi sosial, kamu akan memiliki banyak relasi.

5. Bertanya rincian kerja

Sebelum bekerja, ada baiknya kamu menanyakan apa yang harus dikerjakan kepada senior terlebih dahulu. Hal ini supaya kamu benar-benar tahu apa yang menjadi tujuan kerjamu.

6. Membuat visi dan misi

Setelah mengetahui dengan jelas apa yang harus kamu kerjakan, buatlah visi dan misi untuk dirimu sendiri. Visi berisikan tujuan utama yang harus kamu capai, dan misi adalah langkah yang kamu tempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Akan lebih baik jika hasil kerjamu nantinya melebihi apa yang diinginkan oleh supervisor.

7. Perlihatkan antusiasme bekerja

Cara menjadi karyawan terbaik adalah memperhatikan bagaimana bahasa tubuh dan penampilanmu. Seseorang yang datang ke kantor dengan badan lesu tentu akan dinilai malas-malasan bekerja atau belum siap bekerja. Bahasa tubuhmu sangat penting untuk memperlihatkan bagaimana antusiasme dirimu dalam bekerja. Karenanya berjalanlah dengan penuh percaya diri untuk mencerminkan semangatmu. Usulkan ide kreatifmu sebagai bentuk peduli dan kontribusi dirimu kepada perusahaan.



8. Menampilkan wajah ceria

Sama halnya seperti gestur tubuh, mimik wajah pun bisa menjadi penilaian atasan. Perlihatkanlah wajah ceria dan tersenyum. Jangan tidur larut malam agar kedua matamu tetap prima.

9. Berpenampilan rapi

Kerapian bukan hanya enak dipandang, melainkan juga dinilai siap untuk bekerja. Persiapkan penampilanmu seperti misalnya menyetrika pakaian, menyemir sepatu, dan lain-lain. Penampilan yang rapi dan pembawaan yang ceria tentu akan membawa aura positif bagi orang-orang di sekitarmu.

10. Hindari Menggunakan Smartphone Saat Bekerja

Pegawai teladan adalah orang yang bisa fokus. Agar kerja lebih fokus, cobalah untuk menjauhkan Smartphone ketika kamu bekerja. Jika kamu terlalu asyik dengan Smartphone, bisa-bisa pekerjaan akan terbengkalai. Lebih baik, kamu simpan ponsel kamu di laci sehingga kamu tidak akan tergoda untuk melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Misalnya, membuka akun sosial media, melakukan browsing di luar pekerjaan, bermain game dan lain sebagainya. Pergunakan waktu kerja sebaik mungkin agar pekerjaan dapat selesai dengan hasil yang optimal.

Kesimpulan

Itulah panduan menjadi pegawai teladan yang bisa kamu lakukan. Kunci utama dalam bekerja adalah bekerjalah dengan hati. Dengan begitu, kamu akan bekerja dengan tulus, senang hati dan terbuka atas segala konsekuensi.

Tidak perlu terlalu terobsesi pada pengakuan dari pimpinan sebagai pegawai teladan. Yang terpenting adalah kamu mengerjakan secara professional atas apa yang menjadi tanggung jawabmu. Jika kamu bekerja secara tulus dan berperilaku baik terhadap semua orang, hal tersebut sudah mencerminkan bagaimana kualitas dirimu.

Jika kamu memiliki masukan dan pertanyaan terkait topik ini dapat berkomentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat 🙂



Leave a Reply