Film Bumi Manusia: Mahakarya Lokal Kaya Makna Kehidupan

Film Bumi Manusia

Film Indonesia belakangan ini makin naik eksistensinya. Hal ini dapat membuktikan bahwa kualitas film Indonesia tidak kalah dengan film Hollywood. Keinginan masyarakat untuk menonton film Indonesia juga semakin meningkat.

Salah satu film karya anak bangsa yang menginspirasi adalah Bumi Manusia garapan sutradara Hanung Bramantyo. Film Bumi Manusia ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, karya Pramudya Ananta Toer. Film ini sudah tayang sejak 15 Agustus 2019 yang lalu.

Uniknya mesikpun film ini memiliki durasi sepanjang 3 jam 1 menit, antusiasme masyarakat untuk menonton tidak surut. Dari remaja sampai dewasa antusias untuk menonton film romantis yang dibalut dengan berbagai konflik ini. Hal ini dikarenakan dengan menonton film ini kita dapat mengambil beberapa pembelajaran.

5 Pembelajaran Hidup yang Dapat Kita Ambil dari Film Bumi Manusia

1. Jangan Lupa Tempat Kita Berasal

Film ini menceritakan Minke, seorang pribumi yang memiliki kesempatan bersekolah di HBS yang dahulunya adalah sekolah khusus bangsawan Eropa. Namun dia sempat kehilangan arah seperti yang dikatakannya

terbius bujuk rayu ilmu pengetahuan dan pemikiran Eropa hingga membuatku terlena”.

Membuat Minke dianggap sudah bukan seorang Jawa lagi. Pesannya adalah bahwa setinggi apapun kita mengenyam pendidikan dan juga dimanapun, kita tidak boleh lupa dimana tempat kita berasal.

2. Bertanggung Jawab dan Mau Menanggung Resikonya

Pertemuan Minke dengan Anellis Melema seorang gadis Indo membuat hidup Minke sempat penuh dengan berbagai masalah. Termasuk kecurigaan ayah dan ibunya dan beberapa masyarakat bahwa Minke menjadi simpanan “gundik”.

Namun karena tekad yang kuat, Minke justru bisa melewati semua masalah yang menimpa dirinya. Dia juga bisa membuktikan perkataannya melalui perbuatan untuk membantu keluarga Anellis Melema dan tidak meninggalkan mereka.

3. Kita Sebagai Manusia adalah Setara

Kita di Indonesia ini hidup dalam keberagaman. Dalam film Bumi Manusia diceritakan bahwa pada zaman penjajahan dulu, tidak ada toleransi antara Eropa dan juga Pribumi. Pribumi masih dipandang sebagai kasta yang rendah.

Namun Minke membuat segala pemikiran itu berubah, dia tidak mau Pribumi diinjak-injak karena menurutnya Pribumi juga bisa sejajar dengan peradaban Eropa. Minke meyakini bahwa kita sebagai manusia yang hidup adalah setara.

Baca Juga: Kiat Sukses Usia Muda ala Nadiem Makarim

4. Menanggung Resiko Dalam Mencintai Seseorang Dengan Tulus

Minke sudah jatuh cinta pada Anellis Melema sejak pandangan pertama, walaupun kakaknya Robert Melema sangat membenci Minke. Hal itu tidak membuat Minke menjadi putus asa untuk mendapatkan cinta Anellis.

Bahkan dalam situasi terburukpun, Minke tetap selalu ada disamping Anellis. Minke mau menanggung segala resikonya dalam mencintai Anellis karena cinta yang diberikan adalah cinta yang tulus.

5. Tidak Semua Hal Indah Berakhir Indah Juga

Awalnya memang cinta Minke dan juga Anellis sangat bahagia, kehidupan Minke dan Anellis setelah menikah juga indah. Namun ternyata Minke harus berpisah dengan Anellis karena Anellis harus kembali ke Amsterdam.

Bukan hanya Minke saja, ibu Anellis bernama Nyai Ontosoroh juga harus rela berpisah dengan anak kandungnya sendiri hanya karena dia pribumi dan Anellis adalah Indo. Hal ini mengajarkan pada kita bahwa tidak semua hal yang indah akan berakhir dengan indah pula.

Kesimpulan

Namun dari Film Bumi Manusia ini kita benar-benar diajarkan untuk menjadi orang yang berani namun tetap beradab. Kita harus benar-benar mau mengambil resiko atas hal yang kita lakukan. Tetap mau mencintai tempat kita berasal dan juga berjuanglah meskipun akhirnya tidak seperti yang kita harapkan.

Sepeti kata Nyai Ontosoroh “bahwa kita sudah berjuang sekuat-kuatnya, meskipun tidak mendapat yang kita inginkan kita tetap menang”. Semoga 5 pembelajaran Film Bumi Manusia ini dapat menginspirasi kalian ya. Jangan lupa siapkan tissue jika kalian ingin menonton Film ini hehe 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here