4 Cara Menggali Potensi Karir Bagi Mahasiswa dan Lulusan Baru

0
54
tips menentukan karir

Berdasarkan pengalaman, jarang diantara kita sejak kecil diberi pemahaman oleh orang tua tentang menentukan karir yang sesuai dengan minat dan bakat. Alih-alih diarahkan secara ‘paksa’ untuk mengikuti permintaan orang tua sehingga kadang menjadikan kita tidak enjoy dalam menjalaninya. 

Hal ini seakan menjadi masalah klasik yang dialami setiap generasi dalam menentukan jati dirinya kedepan. Padahal kita diberikan hak oleh negara menentukan setiap keputusan yang akan diambil loh. Mengingat selama ini yang membiayai hidup kita adalah kedua orang tua, Maka inilah realita yang terjadi pada bangsa Indonesia saat ini.

Eits, jangan putus harapan yah Gen Muda! Anjuran orang tua tidak sepenuhnya salah kok, karena mereka ingin anaknya menjadi orang Sukses di masa depan melalui pilihannya tersebut. Namun, hal yang perlu kita pikirkan sekarang yaitu apakah pilihan itu masih relevan dengan perkembangan zaman dan dibutuhkan industri yang ada saat ini?

Umumnya penentuan karir dibagi menjadi beberapa tahap yaitu identifikasi potensi diri, mengasah keterampilan, eksekusi dan evaluasi secara berkelanjutan. Berdasarkan alur tersebut, kita haruslah paham setiap poin yang ada sehingga mendapatkan potensi terbaik untuk kesuksesan karir kita.

4 Tips Menggali Potensi Karir bagi Masa Depan

Berikut ini kami sajikan bagimu sebagai panduan agar dapat menemukan bidang yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Mari kita mulai …

1. Mengenali Kepribadian Diri Sendiri

Jika ditanya oleh orang lain tentang diri sendiri, kita terkadang bingung mendeskripsikannya dengan baik. Inilah yang menjadi masalah sebetulnya. Padahal kita juga yang mengalami kehidupan ini namun tidak sepenuhnya paham terhadap yang dilakukan.

Renungkanlah semua sifat yang ada pada diri kamu. Mulai dengan mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai. Selama ini kepribadian dikenal dengan introvert dan ekstovert. Bila kamu mengenalnya dengan baik, maka kamu bisa menentukan karir yang cocok sesuai kepribadian.

2. Ketahui Kemampuan yang Dimiliki

Jangan ketinggalan pula untuk mengetahui kemampuan apa yang dimiliki. Apakah kamu pandai menghitung, menggambar, bernegosiasi, mengajar dan sebagainya. Setelah mengetahui betul kapasitas kemampuan, selanjutnya adalah dengan memilih bidang karir yang harus digeluti.

Fokus pada kemampuan tersebut saja dan asah secara berkala. Menurut ahli, kita akan mahir atas suatu bidang jika mengasahnya selama 10.000 jam. Dibanding kita mengetahui pengetahuan namun tidak dalam. Lebih baik memiliki fokus pengetahuan dan keterampilan namun dalam.



3. Minta Pendapat Orang Lain

Untuk meyakinkan diri sendiri tentang jenjang karir yang akan dipilih, kamu bisa menanyakan hal ini kepada orang-orang terdekat. Sebut saja orang tua, saudara kandung baik kakak maupun adik, dan juga para sahabat. Mereka adalah orang-orang yang paling bisa melihat potensi kamu.

Ajaklah mereka untuk duduk bersama dan menanyakan seputar perilakumu selama ini. Bagaimana dirimu mengekspresikan diri dalam kehidupan, hingga pendapat mereka terhadap karya yang telah kamu buat selama ini. Tanyakan dimana letak kecondonganmu terhadap bidang apa. Ini mungkin memperlukan beberapa data, kamu harus jujur dengan diri sendiri agar menemukan potensi diri yang sebenarnya.

4. Coba Tes Potensi Karir

Hal terakhir yang dapat kamu coba yaitu pergi ke konsultan karir atau mencoba aplikasi di internet untuk mencocokan kepribadian, keterampilan dan bidang kerja yang tepat. Lakukan dengan baik, jangan tergesa-gesa maupun berdasarkan kata orang. Ini tentang dirimu dan hatimu untuk menentukannya.

Dalam tes karir tersebut, kamu akan disuruh mengisi berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan kemampuan dan kepribadian. Hasil akhirnya menunjukkan minat dan bakat yang dimiliki, serta rekomendasi jenjang karir yang sesuai.

Setelah memahami metode yang dapat kamu pakai dalam menentukan tujuan karirmu, hal selanjutnya adalah memasukannya ke dalam perencanaan karir selanjutnya yaitu menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan sesuai temuanmu tersebut.

Lakukan dengan baik setiap saat dan berkelanjutan. Jangan lupa untuk evaluasi dan tingkatkan performa sehingga mendapatkan hasil sesuai ekspektasi.

Kesimpulan

Menggali potensi karir yang tepat bukan perkara mudah. Perlu adanya beberapa tahapan bahkan pengujian berulang. Hati-hati, seiring bertambahnya umur terkadang dapat merubah apa yang telah direncanakan karena minat dan ketertarikan kita berbeda. Maka dari itu, kita perlu mencari potensi terbaik untuk dioptimalkan menjadi suatu pondasi yang tidak akan goyah hingga masa tua ke depan dengan 4 tips menggali potensi karir yang telah dipaparkan tersebut.

Jika kalian memiliki masukan terhadap topik ini dan pertanyaan lebih lanjut, dapat berkomentar di kolom berikut ini ya. Semoga Bermanfaat ~



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here