YOULEAD, Program untuk Mencetak Ratusan Pemimpin Muda

Program YOULEAD

YOULEAD, program kaderisasi kepemimpinan baru bentukan Dompet Dhuafa telah diluncurkan. Program ini menargetkan mahasiswa semester 2-4 di lebih dari 40 PTN & PTS seluruh Indonesia.

Dari 1.100 pendaftar seleksi Nasional, tercatat 561 mahasiswa berhasil lolos dan 56 diantaranya penerima Semarang. Ada empat perguruan tinggi yang tergabung dalam Young Leaders Semarang yakni UNDIP, UNNES, Polines, dan UIN Walisongo.

Program YOULEAD

“Young Leaders adalah program kaderisasi yang berfokus untuk menciptakan pemimpin yang berkarakter. Ada dua nilai fundamental yang coba diinternalisasikan kepada mereka, yaitu nilai strategis dan integritas.

Penerima manfaat Young Leader akan dibimbing oleh Beasiswa Aktivis Nusantara terdiri dari Presma, Mawapres, hingga Founder Komunitas Sosial.

Rangkaian program YOULEAD Semarang dibuka dengan Young Leaders Camp selama 2 hari, 11-12 Mei 2019, di gedung Dekanat Fakultas Teknik UNNES.

Ada empat agenda yang dilaksanakan di Young Leader Camp Semarang yakni:

  • Inspiring Leaders Talk
  • Training Orientation Program
  • Young Leaders Game
  • Selusur Kampung.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Pesan Integritas dari Novel Baswedan

Inspiring Leaders Talk menjadi agenda pembuka yang menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya:

  • Kunto Nugroho selaku Inspektur Inspektorat Provinsi Jateng sekaligus perwakilan dari KPK RI
  • Anis Malik Thoha selaku Dewan Pendiri INSISTS (Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization)
  • Arnaz Agung selaku Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Semarang
  • beberapa pembicara lainnya yang memberikan materi seputar Islamic Worldview hingga kepemimpinan yang berintegritas.

Inspiring Leaders Talk ditutup dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh 200 peserta mahasiswa bersama KOMPAK (Komunitas Penyuluh Anti Korupsi) Jateng dan diakhiri dengan pemutaran video pesan integritas oleh KOMPOL (Purn.) Novel Baswedan.

Penandatanganan Pakta Integritas jadi bukti Young Leader menjadi program yang mendukung penuh sikap integritas dan turut serta mencegah korupsi.

Training Orientation Program

Agenda berikutnya yakni Training Orientation Program diisi oleh Saiful Muhjab selaku Presiden Mahasiswa BEM KM UNNES 2019 yang memberikan materi Kepemimpinan dalam Islam.

Abdurrohman Hizbulloh selaku Ketua BEM UNDIP 2018 yang membawakan materi mengenai profil lengkap program Young Leader, serta Satria Nova selaku Ketua Dompet Dhuafa Jateng yang memperkenalkan Dompet Dhuafa dan Filantropi Pendidikan.

Baca Juga: 8 Kiat Sukses ala Nadiem Makarim

Menumbuhkan Karakter Pemimpin yang Strategis dan Berintegritas lewat Selusur Kampung

Selusur Kampung YOULEAD
Selusur Kampung: Diskusi dengan Tokoh Masyarakat di sekitar UNNES

Demi menumbuhkan karakter pemimpin berintegritas & strategis, Program orientasi Young Leaders Camp hari kedua diisi dengan agenda Game dan Selusur Kampung.

Kegiatan Selusur Kampung mengharuskan para YOULEAD menemui beberapa tokoh masyarakat di sekitar UNNES untuk berdiskusi, melakukan pemetaan permasalahan sosial dan advokasi.

Output dari kegiatan ini adalah para Young Leaders melatih kepekaan diri sebagai pemimpin dan mampu mengentaskan permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitar melalui solusi strategis.

“Young Leader Camp diharapkan peserta dapat memahami konsep kaderisasi dan mendalami karakter pemimpin berintegritas & strategis ” ujar Ketua Pelaksana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here