8 Kiat Sukses Bermakna di Usia Muda Ala Nadiem Makarim

0
83
8 Kiat Sukses Usia Muda Ala Nadiem Makarim

Siapa yang belum tau Nadiem Makarim? Jawabannya ada yang sudah, ada yang belum. Coba saja pertanyaannya begini, “Siapa yang tau Gojek?” Sontak semua bilang TAU! 😀

Mulanya dulu Pendiri sekaligus CEO Gojek Indonesia ini, telah melewati fase tersulit dalam menahkodai bisnisnya loh sob. Dia telah merasakan getirnya penolakan dan cibiran orang tentang startupnya tersebut.

Saat ini, Nadiem Makarim sang pembawa misi pembedayaan ekonomi kerakyatan itulah telah dikenal masyarakat. Bahkan menjadi panutan anak muda dalam memaknai kehidupan. Hidup tidak sekadar hidup melainkan berdampak untuk sesama.

Berdasarkan dari pengalamannya itulah, Nadiem membagikan kiat-kiat mencapai kesuksesan bagi anak muda Indonesia. Penasaran anjuran yang dia bagikan? Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya sob,

8 Kiat Sukses Usia Muda Ala Nadiem Makarim :

1. Berpikir Sistematis dari A-Z

Era kompetitif ini, kita dituntut oleh industri berpikir secara kritis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kritis itu perlu untuk mengetahui secara mendasar permasalahan intinya. Begitupula sistematis, kita harus bisa merangkai pecahan masalah menjadi suatu produk/jasa yang solutif. Kedua hal tersebut pondasi dalam membangun skalabilitas yang menjadi promotor individu untuk lebih kontributif sob.

2. Berhenti untuk Menjadi Orang Lain

Punya role model itu SAH, Terinsipirasi olehnya pun boleh banget. Cuma satu yang lebih baik untuk tidak dilakukan yaitu menjadi seperti orang lain. Menurut Nadiem Makarim, kita punya peluang banyak untuk meraih sukses melalui aksi penyelesaian masalah yang ada.

Biarlah mereka (baca: temanmu menjadi apa yang dia mau, jadi follower?), tapi kita berhak atas keputusan yang kita ambil dan memperjuangkannya. Bukan soal idealisme namun bertanggung jawab atas pilihan. 🙂

3. Percaya pada Keberuntungan

Sebagai manusia yang percaya pada Tuhan dan Rahmat berupa Keberuntungan. Alangkah lebih baik jika kita percaya pada keberuntungan. Saat kita bekerja keras, peluang akan datang di waktu yang tepat dan itulah kesempatan dari Sang Illahi untuk kita.

Momentum Nadiem Makarim pun terjawab sudah, rasa percaya yang tinggi terhadap keajaiban membuahkan hasil. Startup yang didirikannya saat ini telah berada pada titik yang di dambakan para startup founder di Indonesia.



4. Ini Semua Bukan Tentangmu

Menurut World Economic Forum, menyatakan bahwa masa depan bisnis bukan lagi sangat fokus pada profit saja. Melainkan juga berorientasi pada tujuan yang mulia dan berdampak luas.

Analisa dan insting Nadiem Makarim yang notabene lulusan Harvard Business School ini sangatlah tajam. Benar saja, tren yang dikemukakan WEF terbukti dan dia telah membangun prototipe bisnisnya di Indonesia bernama Gojek.

Gojek tidak hanya tentang perusahaan teknologi, tentang jasa, tentang apapun. Misinya dari sejak didirikanpun konsisten yaitu pemberdayaan. Bukan tentang kita (perusahaan) melainkan hal yang lebih besar dan luas yaitu Indonesia.

5. Tanyakan Apapun

Comfort Zone memang sangat nyaman, tapi menjebak. Berada di satu titik lalu terbuai pada kenyamanan dan akhirnya mati perlahan. Kadang kita malas untuk bertanya maupun menanyakan sesuatu hal secara mendasarkan?

Sudah hal wajar, ini memang bukan perkara sepele. Tapi bisa dimulai dari hal sederhana, yaitu dengan bertanya, bereksperimen dan mencoba apapun. Gagal urusan belakangan, penting kita belajar hal baru terlebih dahulu.

6. Jangan Dengarkan Terlalu Banyak Argumen dari Pakar

Bagi Nadiem Makarim, banyaknya pakar yang berbicara memberikan petuahnya justru dapat memadamkan sesuatu. Standar yang mereka pakai cukup tinggi dan menumbuhkan benih pesimisme orang (yang ga kuat pada prinsip).

Mendengar petuah sangatlah bagus untuk pengembangan wawasan kita. Tapi jangan sampai bingung bahkan saking bingungnya tidak melakukan sesuatu. Dapat dibilang klise sih, tapi realitanya cukup banyak yang terjebak pada mindset ituu loh sob



7. Beranikan Diri

Punya visi besar dan jauh ke depan, ditambah semangat dari motivator, tambah dukungan dari sana sini. Tapi kalo sobat muda tidak ada keberanian untuk memulai, sama saja NOL kan?

Nadiem Makarim lantas mendorong bagi yang memiliki mimpi besar untuk beranikan diri dulu menghadapi risiko dan tantangan yang ada.

8. Orang-Orang itu PENTING

Dulu, kata ‘orang’ di artikan sebagai pegawai sebagai eksekutor perintah atasan. Sekarang, hal itu tidak relevan lagi sob. Orang/masyarakat/pegawai itu aset berharga, mereka bisa lebih dari apa yang terlihat saat ini.

Tata kelola orang/kelompok juga perlu komitmen membersamai. Seperti halnya MudaPedia Indonesia membersamai gerak optimis pemuda Indonesia. Nadiem Makarim telah sukses tidak hanya secara bisnis tapi memberdayakan orang untuk menjadi agent of change bagi lainnya.

Kesimpulan

Perjalanan untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah seperti halnya membalikan telapak tangan. Butuh kerja keras, doa dan rahmat dari Tuhan. Nadiem Makarim telah membuktikannya dan memberikan advicenya ke anak muda Indonesia.

Demikianlah, ulasan kita tentang Semangat dan Optimisme dalam memperjuangkan Gojek oleh Nadiem Makarim. Terdapat 8 poin yang sederhana namun vital. Bisnis selain harus mencetak profit juga lebih baik berdampak sosial.

Jika sobat muda punya masukan konstruktif atau ingin sharing bisa menuliskannya di kolom komentar yang tersedia ya. Semoga Bermanfaat Sob ~



Leave a Reply