Tebar 500 Bibit Ikan Nila, Mahasiswa Undip Penuhi Impian Masyarakat Adinuso

0
49

Mahasiwa KKN Universitas Diponegoro Semarang mengadakan penebaran bibit ikan nila di Desa Adinuso, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, pada hari Kamis (23/1). Sebanyak 500 bibit ikan nila disebar di dua lokasi sungai pancing Desa Adinuso. Lokasi pertama berada di Dusun Sikalong dan lokasi kedua berada di bumi perkemahan Dusun Damarsari. Mahasiswa KKN bersama Kepala Desa Adinuso, Amat Subhan yang ditemani komunitas memancing Desa Adinuso, bersama-sama menebarkan bibit ikan disepanjang aliran sungai.

“Sejak awal kedatangan kami di Desa Adinuso, kami melihat banyak warga yang hobi memancing. Namun warga khawatir kalau nantinya ikan-ikan di sungai akan semakin habis. Maka dari itu, kami Tim KKN berinisiatif melakukan program Restocking ini,” ungkap Andhika Haykal, selaku peserta KKN Desa Adinuso.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Desa setempat, Amat Subhan.
“Komunitas mancing di Desa Adinuso sangat banyak peminatnya. Dengan dilaksanakannya program ini, harapannya antusiasme dan semangat memancing warga akan semakin tinggi.”

Antusiasme warga juga terlihat dari banyaknya warga yang ikut dalam kegiatan penebaran bibit ikan ini, menurut salah satu anggota komunitas pancing Adinuso, Joko Samudro, kegiatan ini sangat dinantikan oleh warga.
“Akhirnya ada ikan jenis lain, biasanya cuma lele, sekarang ada nila. Makin sering mancing lagi,” ujarnya.

Mahasiswa KKN Undip mendapatkan 500 bibit ikan nila dari Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakkan Kabupaten Batang setelah menyerahkan proposal pengajuan bibit ikan. Pihak Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan juga menyambut baik keinginan warga desa karena dengan penebaran bibit ikan ini akan mempertahankan ekosistem yang ada di sungai-sungai desa. Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakkan Kabupaten Batang juga berharap akan lebih banyak desa yang antusias dalam kegiatan positif seperti ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here