5 Tips Memberi Kritik Cerdas Agar Diterima oleh Rekan Bicara

Kritik Cerdas

Belakangan ini Indonesia sedang ramai karena masalah RKUHP. Hal ini menyebabkan pertentangan dimana-mana, terutama pada kaum mahasiswa. Mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Jogjakarta melakukan gerakan atau demo untuk menolak pengesahan RKUHP dan protes atas pelemahan KPK. 

Demo dimaksudkan untuk menyampaikan kritik mereka terhadap DPR karena mahasiswa merasakan banyak kejanggalan yang terjadi. Penyampaikan kritik dengan cara demo ini menuai pro dan kontra karena beberapa peserta ada yang terluka.

Nah bagi kita kaum millenial, kita harus pintar nih dalam menyampaikan kritik cerdas. Ada banyak cara untuk menyampaikan kritik namun dengan benar dan sopan agar benar-benar didengar. Ini dia 5 tips menyampaikan kritik pintar buat kamu.

1. Berikan Pujian sebagai Bentuk Menghormati dan Menghargai

Sebelum mengkritik ada baiknya memberikan pujian terlebih dahulu, karena mungkin tidak semua yang dilakukan adalah salah. Setelahnya kalian boleh menyampaikan kritik cerdas yang membangun agar yang diberi kritikan sadar akan kesalahannya dan juga memperbaikinya.

2. Jangan Melontarkan Kata Kata Kasar

Meskipun kamu emosi namun tahanlah diri agar tidak mengkritik dengan melontarkan kata-kata yang kasar. Jika sampai melontarkan kata-kata kasar, bisa saja yang dikritik merasa sakit hati. Jangan menyampaikan kata-kata yang sarkasme juga agar jalinan pertemanan tetap terjaga.

Baca Juga: Tips Ampuh Keluar dari Zona Nyaman

3. Sampaikan Secara Langsung

Jika kamu ingin mengkritik orang, sampaikanlah kritikan itu secara langsung. Jangan melalui chatting maupun telepon karena kamu tidak akan bisa melihat ekspresi orang yang kamu beri kritikan. Jika menyampaikan secara langsung, kamu bisa mengantisipasi masalah yang akan muncul saat menyampaikan kritik.

4. Jangan omong kosong! Sampaikan Fakta dan Data yang Ada

Ketika ingin mengkritik seseorang lebih baik kamu mencari dulu fakta dan data atas apa yang ingin kamu kritik. Jadi ketika kamu menyampaikan kritikan pada seseorang/kelompok kamu memiliki dasar masalah, bukan hanya asal mengkritik tanpa ada dasarnya.

5. Jangan Menunda Kritikan

Ketika kamu sudah merasa ada yang salah dan janggal dengan seseorang/kelompok segeralah sampaikan kritikan kalian. Jangan menundanya agar masalah yang terjadi tidak semakin panjang dan menumpuk. Dengan langsung menyampaikan kritikan maka masalah dan kesalahan akan bisa segera diperbaiki.

Itulah 5 tips menyampaikan kritik cerdas agar didengar. Boleh menyampaikan kritikan namun juga diimbangi dengan saran juga ya guys, jadi orang yang dikritik juga bisa langsung memperbaiki kesalahan yang diperbuat. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here