BACKIND Inisator Toko Ramah Lingkungan Pertama di Jawa Tengah

0
60
Life and Co Toko Ramah Lingkungan Pertama di Jawa Tengah

Maraknya pandemi Covid-19 sepertinya tidak membuat sekelompok mahasiswa UNDIP menghentikan langkah mereka untuk menyelamatkan bumi.

Meskipun melakukan social distancing, komunitas BACKIND, tetap melaksanakan agenda Grand Launching Toko Kelontong Ramah Lingkungan atau Zero Waste Bulk Store pertama di Jawa Tengah.

Toko yang mereka namai Life and Co ini, resmi dibuka pada hari hari Minggu, 19 April 2020.

Toko Ramah Lingkungan Jadi Solusi untuk Permasalahan Lingkungan

Bulk Store merupakan istilah kekinian yang digunakan oleh sebagian pegiat isu lingkungan untuk menyebut toko kelontong ramah lingkungan tersebut. Bulk Store pertama kali diinisiasi oleh Marie Delaperrière di Jerman pada Februari 2014.

Bedanya dengan Toko Kelontong biasa, Zero Waste Bulk Store menjual berbagai macam produk tanpa kemasan plastik. Para pembeli yang ingin melakukan pembelian tentu harus membawa wadah dan kantong belanja sendiri. Jika pembeli tidak membawa wadah sendiri, maka bisa meminjam dari toko tersebut dengan cara deposit atau membeli wadah yang sifatnya bisa digunakan kembali.

Tidak hanya itu, Bulk Store juga menjual berbagai produk lokal handmade dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti sabun tanpa SLS/SleS dan menyediakan berbagai bahan makanan pokok organik dan tidak mengandung gluten.

Baca Juga: Cara Latih Kreativitas tuk Tingkatkan Produktivitas!

Life and Co Semarang menjadi Toko Ramah Lingkungan Pertama di Jawa Tengah

Toko Ramah Lingkungan, Life & Co karya Komunitas BACKIND

Berlokasi di Jalan Sukun Raya No 41, Banyumanik, Semarang, Life and Co sengaja dibangun dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Jawa Tengah, khususnya Semarang, untuk memulai pola hidup minim sampah.

Beberapa dari kita pasti sudah tahu bukan, bahwa sampah saat ini telah menjadi permasalahan yang amat serius. Sudah banyak dampak yang ditimbulkan dari pengelolaan sampah yang tidak baik, seperti terjadinya berbagai bencana alam hingga krisis iklim.

Hal ini juga yang akhirnya menjadikan Life and Co sebagai Bulk Store yang hadir pertama kali di Kota Semarang dan Jawa Tengah.

Membangun Bisnis dengan Modal 0 Rupiah dan Kolaborasi

BACKIND yang seluruh personelnya merupakan Mahasiswa UNDIP, hanya mengeluarkan modal berupa ilmu dan tenaga untuk menjadikan mimpi mereka membangun Bulk Store tercapai.

Mereka melakukan jurus yang dinamakan “kolaborasi”. Jauh-jauh hari sebelum Life and Co dibuka secara resmi, para anggota BACKIND memusatkan fokus mereka untuk mencari orang-orang yang bisa diajak berkolaborasi.

Berkat jurus tersebut, BACKIND akhirnya berhasil menggandeng Jamkrida Jateng untuk menjadi sponsor utama dalam pembangunan Life and Co.

Tak hanya itu, beberapa produk ramah lingkungan yang mereka hadirkan juga merupakan hasil kolaborasi dari Bank Sampah Melati, produsen sabun organik Tanre.skin, hingga UMKM lainnya di Jawa Tengah.

Motivasi bagi Anak Muda yang Ingin Berkarya, “Pasti Ada Solusi!”

BACKIND membangun bisnis mereka mulai dari nol, dengan pengetahuan dan pengalaman yang masih terbatas. Namun mereka tidak lantas menghentikan langkah dan mimpi mereka karena keterbatasan tersebut.

Justru keterbatasan itulah yang menjadi dorongan bagi mereka untuk terus belajar. Melalui Life and Co ini, BACKIND ingin menunjukkan bahwa niat baik pasti akan selalu menemukan jalan. Jadi, untuk para pemuda Indonesia, jangan pernah menyerah untuk berkarya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here