5 Trik Lolos Beasiswa Bergengsi di Luar Negeri, Yuk Persiapkan!

0
35
Beasiswa luar negeri




Beasiswa? ke Luar Negeri? mimpi ga sih?

Pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”, bukan berarti kita  harus ke China ya teman. Maksudnya adalah kita harus bisa menuntut ilmu tinggi-tinggi sebagai bekal masa depan kita.

Terkadang banyak dari kita enggan mencoba untuk menuntut ilmu di luar negeri karena biayanya yang mahal. Padahal pemerintah Indonesia juga punya banyak program beasiswa loh seperi LPDP, yang bisa membantu kamu mewujudkan keinginan buat melanjutkan belajar di luar negeri.

Jangan minder dulu ya, semua orang berhak untuk mendapatkan kesempatan kok. Biar lebih yakin, coba ketahuilah potensi dirimu terlebih dahulu.

Mungkin banyak yang membayangkan akan sulit untuk bisa lolos dan mendapatkan beasiswa ke luar negri. Tapi tenang saja, 5 Trik Jitu Lolos Beasiswa ini akan membantu kalian mewujudkan mimpi kalian.

1. Kembangkan Prestasi Akademik dan Non Akademik

Tidak dipungkiri bahwa untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri memiliki beberapa kualifikasi, salah satunya adalah nilai akademik. Kamu harus mampu mengejar nilai akademikmu, selain itu juga ditunjang dengan prestasi non akademik seperti mengikuti lomba dalam bidang olahraga atau yang lainnya. Itu akan menjadi nilai plus loh.

2. Soft Skill Juga Perlu Lho

Bukan hanya prestasi secara tertulis saja, sekolah-sekolah di luar negeri juga membutuhkan keterampilan atau soft skill kamu. Kamu bisa mengikuti kegiatan seperti volunteer ataupun organisasi lain yang dapat menunjang soft skill kamu sehingga dapat menambah pengalaman dan nilai plus dari yang lainnya.

3. Menguasai Bahasa Asing

Supaya bisa lolos beasiswa luar negeri, kamu juga harus bisa menguasai bahasa asing. Jangan minder dan berkata bahwa itu adalah hal yang sulit. Kamu bisa menyiapkannya jauh-jauh hari atau mengikuti les bahasa asing.

Sekarang pun kamu bisa memanfaatkan youtube atau sosial media untuk belajar bahasa asing. Namun jangan lupa untuk ikut test TOEFL atau IELTS karena untuk belajar ke luar negeri membutuhkan itu.



4. Susun CV yang Menarik dan Informatif

Salah satu persyaratan melamar beasiswa ke luar negri adalah Curiculum Vitae atau data dirimu. Susunlah CV dengan desain yang menarik agar penyeleksi beasiswa dapat membaca dan memahami CV mu dengan baik.

Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman organisasi dan kemampuan yang kamu miliki juga ya, agar dapat menjadi bahan pertimbangan.

5. Tulis Motivation Letter dan Latihan Interview

Biasanya penyeleksi beasiswa juga membutuhkan motivation letter, tuliskanlah apa yang menjadi motivasimu untuk mendapatkan beasiswa itu. Tuliskan juga apa yang akan menjadi sumbangsihmu bagi Indonesia nantinya dengan bekal ilmu yang kamu dapatkan di luar negeri.

Tulis dengan bahasa yang baku namun mudah dimengerti. Oh iya, jangan lupa untuk berlatih juga sebelum kamu melakukan interview agar kamu dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Kesimpulan

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah niat, berusaha, dan berdoa. Dengan tiga hal tersebut kamu akan mendapatkan jalan yang mudah untuk meraih mimpimu sekolah di luar negeri. Semoga 5 trik lolos beasiswa luar negeri ini bisa membantu kamu meraih mimpi!

Jika kamu memiliki masukan dan pertanyaan terkait topik ini dapat berkomentar di kolom yang telah tersedia ya. Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a Reply