12 Alasan Generasi Milenial Perlu Memiliki Tujuan Karir

0
433
Tujuan Karir bagi Milenial

Generasi milenial hidup di peralihan jaman pada abad 20 dan 21, di mana jaman tersebut sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Era modern dengan segala kecanggihan fasilitas ini berpengaruh pada gaya hidup masyarakatnya. Termasuk dalam pencapaian karir. Tujuan karir bagi generasi milenial ini harus diketahui dengan jelas supaya lebih siap menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.

Memiliki tujuan karir adalah suatu hal WAJIB. Sebagaimana kita hidup memiliki tujuan yaitu sukses dan masuk surga bukan? 😀

Pengertian tujuan karir sendiri adalah apapun yang ingin kamu capai dengan karir tersebut. Karir sangatlah penting bagi generasi milenial untuk mencapai harapan dan tentunya bertahan hidup. Selain itu, peran para generasi milenial juga sangat dibutuhkan untuk membangun suatu peradaban yang baru.

Nah, penting nih bagi kamu untuk memperhatikan tujuan karir di masa depan. Kuy, simak beberapa fakta telah kami rangkum berikut ini,

12 Tujuan Karir Bagi Generasi Milenial yang Harus Diperhatikan

1. Mendapatkan Penghasilan Untuk Memenuhi Kebutuhan

Tujuan karir bagi generasi milenial yang pertama adalah untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup. Pernyataan ini sudah mutlak. Berkarir sama saja dengan bekerja. Mencari uang di jaman sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika dilihat dari kebutuhan hidup yang terus meningkat. Jika kamu tidak bekerja, dari mana bisa mendapatkan uang?

2. Menyalurkan Semua Bakat dan Minat

Semua orang yang hidup di dunia ini pastilah mempunyai impian. Manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, kamu pasti mempunyai suatu bakat dan minat tertentu yang berguna sebagai bekal untuk berkarir. Bekerja memang tidak melulu tentang seberapa penghasilan yang didapatkan. Kamu harus mempunyai bakat dan minat untuk disalurkan pada bidang yang paling tepat.

3. Meningkatkan Kualitas Diri Sendiri

Tujuan karir bagi generasi milenial berikutnya adalah meningkatkan kualitas diri. Pada dasarnya kamu memang memiliki suatu bakat tertentu. Namun, dengan bekerja dan memulai jenjang karir, maka kualitas diri sebagai manusia pasti meningkat. kamu jadi tahu apa yang harus dilakukan ataupun yang tidak boleh dilakukan dalam suatu pekerjaan.



4. Berkontribusi Penuh Kepada Perusahaan

Bisa mengabdi dan berkontribusi penuh kepada perusahaan juga merupakan tujuan karir bagi generasi milenial. Tentunya kamu ingin menunjukkan rasa loyalitas tinggi terhadap kantor maupun perusahaan yang telah merekrut. Dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki, kamu dapat menjadikan perusahaan tersebut berkembang lebih baik ke depannya.

5. Melatih Kedisiplinan

Kedisiplinan sangatlah diperlukan untuk membuat segala aktivitas berjalan dengan lancar. Kedisiplinan ini juga dapat menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai target dalam bekerja. Kalau kamu ingin maju, pastinya sudah mempunyai target-target khusus yang harus dipenuhi. Tapi target tak akan tercapai jika tidak dibarengi dengan disiplin.

6. Mendapatkan Penghargaan

Setiap orang yang bekerja di suatu tempat, pasti ingin memperoleh penghargaan. Bukan untuk memamerkan diri atas prestasi yang didapatkan, tapi sebagai bentuk terima kasih atas perjuangannya selama bekerja. Kondisi seperti ini harus disertai dengan etos kerja yang tinggi dan pantang menyerah.

7. Menyalurkan Ilmu yang Dimiliki

Ada lagi tujuan karir bagi generasi milenial, yakni menyalurkan ilmu yang dimiliki agar bermanfaat bagi sesama. Ilmu yang telah dibagikan tak akan pernah berkurang, justru ia akan semakin bertambah dan meluas. Usaha kamu pun tak akan sia-sia, sebab akan semakin banyak orang yang mempraktekkan ilmu dari kamu.



8. Menjamin Kehidupan di Masa yang Akan Datang

Tujuan karir bagi generasi milenial yang satu ini dapat dijadikan sebagai contoh tujuan karir jangka panjang. Mengapa? Karena kamu juga tetap harus hidup di masa datang. Tentunya kamu ingin ada sesuatu yang bisa menjamin kehidupan nanti, setelah usia semakin bertambah dan kemampuan berkarir kamu tidak lagi cemerlang. Misalnya dalam bentuk tunjangan kesehatan maupun tunjangan pensiun.

9. Melatih Kemandirian

Melatih kemandirian ini sangat tepat menjadi tujuan karir wanita. Kebanyakan wanita dari generasi milenial sudah tidak lagi bergantung dengan urusan rumah tangga. Kesetaraan hak antara pria dan wanita membuat kaum hawa ini juga ingin berperan dalam memajukan jaman.

10. Berkarya Menghasilkan Sesuatu yang Dibutuhkan Orang Lain

Tujuan karir bagi generasi milenial yang terakhir adalah untuk berkarya menghasilkan sesuatu yang berguna. Suatu karya membutuhkan ide dan inovasi yang mahal harganya. Kamu dapat mengambil contoh dari musisi. Para musisi ini melibatkan dirinya dengan membuat karya berharga yang berpengaruh terhadap orang lain. Mereka mengandalkan seni yang penuh dengan irama dan keindahan di dalamnya.



11. Mendapatkan Pengalaman yang Berharga

Berkarir akan membuat kamu mempunyai banyak pengalaman di berbagai sektor. Meskipun dalam dunia kerja akan bekerja sesuai dengan bidang yang dikuasai, namun bukan berarti kamu hanya berada dalam satu zona saja. Karena kebanyakan dalam dunia kerja dituntut untuk multitasking.

12. Aktualisasi Diri

Sebagaimana Abraham Maslow memaparkan kajiannya, dimana terdapat beberapa tingkatan dalam hidup. Pada pemetaan tujuan karir ini, kita mengulas tingkatan tertinggi yaitu aktulisasi diri. Memiliki tujuan karir yang tepat bagi generasi milenial akan mempercepat pada pencapaian. Terlebih percepatan tersebut didasari oleh passion, tentu akan lebih menyenangkan dalam proses mencapainya.

Kesimpulan

Mengetahui tujuan karir bagi generasi milenial sejak dini sangatlah penting, karena membantu kamu membuat keputusan untuk masa depan. Kamu akan banyak menemui rintangan dan halangan yang harus dihadapi. Sehingga para generasi milenial perlu mempersiapkan diri.

Jika kalian memiliki masukan maupun ingin bertanya lebih lanjut terhadap topik ini dapat berkomentar di kolom dibawah ini ya. Semoga Bermanfaat ~



Leave a Reply